Selasa, 11 Desember 2012

SON OF SARDAR




Son Of Sardar atau yang dikenal dengan singkatan SOS adalah film Bollywood baru dengan genre komedi aksi yang disutradarai oleh Ashwini Dhir. Film menampilkan Ajay Devgan, Juhi Chawla, Sanjay Dutt dan Sonakhsi Sinha sebagai peran utama. Salman Khan juga hadir sebagai cameo dan pengisi satu lagu ‘Po Po PO’. Film ini rilis tepat dihari Dhiwali, berbarengan dengan rilis film terakhir Yash Chopra ‘Jab Tak Hain Jaan’. Berkompetisi dengan film Jab Tak Hain Jaan, SOS dinyatakan hits saat diedarkan diseluruh dunia.






 SOS bercerita tentang2 keluarga yang kepala keluarganya saling membunuh berpuluh tahun yang lalu. Pertikaian dua keluarga ini menyisakan 2 anak yang saling  bermusuhan, Jashwinder Randhawa/Jassi (Ajay Devgan) dan Balwinder Signh/Ballu (Sanjay Dutt). Bahkan Billu membatalkan pernikahannya dengan Pammi (Juhi Chawla) dan bernazar baru akan menikah setelah membalas dendam atas kematian Ayahnya. Nazar ini telah berlangsung selama 30 tahun. Billu dan Pammi masih belum menikah, kendati cinta mereka begitu kuat. Penantian Billu seakan ada hasil setelah mendengar kepulangan musuhnya Jassi dari London. Jassi  yang saat pertikaian keluarga masih berusia 5 tahun memang sengaja dilarikan oleh Ibunya agar jauh dari serangan dan permusuhan keluarga Balwinder Singh. 

Namun kini setalah Ibunya wafat dan mewariskan beberapa hektar tanah di Punjab, jassi  memutuskan untuk kembali ke Punjab untuk menjual bebrapa sisa lahan yang ia punya. Ia mengabaikan nasihat temannya Salman Khan tentang permusuhan dua keluarga ini. Jassi  berpikir peristiwa yang sudah berlangsung 30 tahun lebih tak mungkin masih diingat oleh keluarga sang musuh. Namun Jassi tak tahu bahwa kepulangannya sudah dinantikan oleh keluarga besar musuhnya beserta senjata lengkap. Diperjalanan pulang menuju desanya, Jassi berkenalan dengan gadis cantik Sukhmit/Sukh (Sonakhsi Sinha). Tak disangka ternyata Sukh mempunyai arah  tujuan yang sama dengan Jassi. Distasiun saat turun dari kereta jassi bertemu dengan keluarga Sukh yang bermurah hati ingin membantu Jassi mencari lahan yang ia cari. Tak disangka ternyata kakak kandung Sukh adalah musuh bebuyutan jassi yaitu Billu yang sedang menantikan kedatangan Jassi.  Jassi maupun Billu baru menyadari tentang permusuhan mereka setelah Jassi masuk kedalam rumah keluarga Billu. Padahal Billu mempunyai prinsip semua tamu yang masuk kedalam rumahnya adalah Tuhan. Dan Tuhan tidak boleh dibunuh apalagi dicelakai. Mengetahui tentang prinsip ini dari Pammi, Jassi akhirnya mencari cara agar tetap berada dalam rumah. Keluar dari rumah berarti kematian untuk Jassi. bagaimana cara  Jassi tetap bertahan didalam rumah sementara Billu sudah tak tahan ingin membunuh jassi akan menimbulkan kelucuan tiada henti.




Kehadiran Juhi Chawla di film ini membuat saya sangat menantikan film ini rilis dibioskop. Namun bertepatan dengan rilisnya film terbaru Shahrukh Khan, Katrina Kaif dan Anuska Sharma ‘Jab Tak Hain Jaan’ membuat jadwal rilis film ini di Indonesia menjadi terlambat. Lebih dari seminggu dari jadwal rilis resmi di India, film SOS baru nongol dibioskop BlitzMegaplex Grand Indonesia. Saya langsung exited dan nonton film ini. Meski mendapat kebanyakan review negative dari kritikus, namun saya menyukai film ini sepenuhnya.
Bukan karena factor Juhi Chawla ada difilm ini. Tapi karena menurut saya film ini memang bagus dan menghibur. Saya menikmati setiap menit yang dihadirkan oleh sang sutradara Ashwini Dhir.  Komedi yang tiada henti yang ditampilkan oleh pemainnya berhasil membuat saya dan sebagian banyak penonton di bioskop tertawa terpingkal. Ajay, Sanjay, Juhi  menampilkan penampilan yang luar biasa. Ajay memang sudah mulai berhasil bermain komedi sejak sukses Golmaal series. Sedang Sanjay Dutt, pernah beberapa  kali bermain komedi dan hasilnya selalu sukses. Untuk Juhi Chawla, bermain komedi adalah jagoannya dalam film. Hampir semua filmnya baik genre drama atau aksi, Juhi selalu menyelipkan komedi disetiap adegan yang ia mainkan. Kalau Madhuri piawai dengan menari, maka Juhi ahli dalam komedi.
 Sonakhsi Sinha sepertinya berjalan di tempat. Meski hamper semua film yang dibintanginya meraih Box office, namun tidak ada pengembangan acting yang berarti disetiap penampilannya. Bisa dibilang peran yang Sonakhsi ambil seperti streotipe. Pendamping sang actor utama. Dari film pertamanya Dabangg, Rowdy Rathore dan kini Son Of Sardar. Sonakshi seperti tampil di film hanya untuk adegan lagu dan tari. Dan itu memang salah satu kelebihan Sonakhsi, yaitu tarinya yang bagus. 

Directed byAshwni Dhir
Produced byAjay Devgan
N.R.Pachisia
Pravin Talreja
Screenplay byRobin Bhatt
Ashwni Dhir
Based onMaryada Ramanna by
S. S. Rajamouli
StarringAjay Devgn
Sonakshi Sinha
Sanjay Dutt
Juhi Chawla
Mukul Dev
Vindu Dara Singh
Music byHimesh Reshammiya
StudioAjay Devgan Ffilms
YRV Infra Media
Distributed byViacom 18 Motion Pictures
Eros International
Release date(s)
  • November 13, 2012
Running time139 minutes.[1]
CountryIndia
LanguageHindi
BudgetINR30 crore (US$5.46 million)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar