Kamis, 06 Desember 2012

TALAASH

film Bollywood terbaik tahun ini


Ini adalah film yang paling saya tunggu di tahun 2012. diantara penantian Yash Chopra romance 'Jab Tak Hai Jaan' nya Shahrukh Khan dan komedi aksi Ajay Devgan 'Son Of Sardar'. saya lebih menantikan film dari aktor sekaligus sineas Bollywood paling jenius Aamir Khan. kehadiran Kareena Kapoor dan Rani Mukherji di deretan pemain membuat saya tambah penasaran dengan film ini. apalagi ini adalah film thriller, satu genre yang paling saya sukai. ditambah dengan nama seperti Zoya Akhtar dan Farhan Akhtar dideretan kru film membuat saya yakin ini adalah film yang paling layak di tunggu. Zoya selaku penulis skenario dan Farhan sebagai produser sekaligus penulis dialog merupakan 2 nama sineas handal Bollywood. meski nama sutradara Reema Kagti belum pernah saya dengar karyanya, namun saya cukup yakin dengan pilihan film Aamir Khan. pilihan Aamir terhadap film tidak pernah salah. sejak sukses memboyong Lagaan menuju nominasi Oscar 2001, saya yakin Aamir tidak mungkin salah memilih Reema sebagai pengendali film ini. tentu ia mempunyai alasan kuat mempercayakan Reema menanganinya di film terbarunya ini. film Talaash juga merupakan deretan film akhir tahun Aamir yang layak ditunggu. mengingat Aamir telah dua kali memecahkan record box office Bollywood di akhir tahun 2009 dan 2010 lewat Ghajini dan 3 Idiots. mungkin saja film Talaash yang dirilis pada 30 November 2012 ini menjadi film Aamir lainnya yang box office diakhir tahun. 
    

film Talaash sendiri bercerita tentang penginvestigasian Inspektur Surjan Singh Shekawat atau yang biasa dipanggil Suri (Aamir Khan) terhadap kasus kematian aktor terkenal Arman Kapoor. sang Inspektur yakin bahwa kematian Arman bukan hanya kecelakaan biasa, namun sebuah pembunuhan yang direncanakan. dalam pengejarannya mencari bukti dan saksi, Suri bertemu dengan WTS Rosi (Kareena Kapoor) yang sedikit banyak membantu Suri mengungkap kasus ini. dari informasi Rosi, terbukalah sedikit demi sedikit misteri kematian sang aktor. ternyata kematian aktor bukanlah satu kejadian, namun melibatkan beberapa kasus lain. mulai dari kasus prostitusi sampai kasus pemerasan yang melibatkan aktor tersebut. disisi lain, sang polisi mengalami masalah dengan istrinya Roshni (Rani Mukherji) yang menurut Suri mengalami stres paska kematian anaknya Karan. kerenggangan hubungan Suri dengan Roshni membuat Suri memilih pergi tiap malam untuk melupakan masalahnya. dalam pelariannya ini Suri sering bertemu dan menghabiskan malam-malamnya dengan Rosi. meski hanya sekedar ngobrol dan membicarakan kasus Arman. ternyata Rosi mengetahui lebih banyak dari yang Suri kira. kasus pun terpecahkan dengan bantuan dari Rosi. namun Suri terkejut dengan akhir dari kasus yang ternyata melibatkan peran serta membuka jatidiri Rosi.



ini adalah kali kedua duet artis terbaik Bollywood Rani Mukherji dan Kareena Kapoor. sebelumnya Rani dan Kareena sempat main bareng di film Mujhse Dosthi Karooge yang rilis ditahun 2002. meski tidak pernah tampil dalam satu adegan pun difilm ini, namun kehadiran Rani dan Kareena cukup membuat para penggemar film Bollywood menantikan penampilan keduanya. akting Rani dan Kareena memang sudah terbukti dan tidak bisa diragukan lagi. mereka berdua sama-sama bisa memberikan emosi yang kuat disetiap peran yang mereka mainkan. namun patut dipuji penampilan Rani yang pede tampil tanpa make up. sepanjang film Rani rela tampil tanpa make tebal maupun sari bagus. bahkan Rani berani menunjukkan lemak diperutnya dan guratan wajahnya yang mulai menua. tidak seperti di film besar lain dimana Rani di make over habis seperti di Kuch Kuch Hota Hai maupun Kabhi Alvida Na Kehna. Rani berani tampil natural dan alami. ini membuat kecantikkannya tampak jelas. Rani berakting emosi dari awal film sampai ending. ini termasuk salah satu penampilan terbaik Rani di film. 


pujian lain datang untuk Kareena. menurut saya dia adalah pelacur paling cantik yang pernah ada di film. meskipun berperan sebagai pelacur, Kareena menampilkan aura kecantikan yang luar biasa. baik dari baju yang ia kenakan maupun make up nya yang wow. tidak kalah dengan penampilannya di film Heroine. aktingnya memang tidak dikeluarkan secara maksimal seperti di Heroine. namun peran Kareena di film ini terbilang penting dan juru kunci. Kareena mempunyai peran yang misterius. dia adalah jawaban dari semua pertanyaan. dengan penampilannya di Talaash dan Heroine, Kareena membuktikan bahwa ia adalah akrtis terbaik di eranya. Aamir Khan juga memberikan kedalaman akting pada karakter Suri. ia berhasil masuk kedalam karakter dengan baik. film Talaash menurut saya berhasil sebagai film thriller yang mempunyai twist di ending. semua misteri di awal film berhasil di buka dengan baik diakhir. Reema selaku sutradara berhasil memberikan ketegangan yang stabil dan emosi yang dalam dari awal hingga akhir film. ini membuat saya berpendapat bahwa Talaash adalah film terbaik Bollywood yang rilis ditahun 2012 ini. good job Reema Kagti. 

Directed byReema Kagti
Produced byRitesh Sidhwani
Aamir Khan
Farhan Akhtar
Written byFarhan Akhtar (dialogues)
Anurag Kashyap (additional dialogues)
Screenplay byReema Kagti
Zoya Akhtar
Story byReema Kagti
Zoya Akhtar
StarringAamir Khan
Rani Mukerji
Kareena Kapoor
Music byRam Sampath
CinematographyK. U. Mohanan
Editing byAnand Subaya
StudioExcel Entertainment
Aamir Khan Productions
Distributed byReliance Entertainment
Release date(s)
  • 30 November 2012
Running time139 minutes [1]
CountryIndia
LanguageHindi
BudgetINR50 crore (US$9.1 million)
Box officeINR75 crore (US$13.65 million)









 

2 komentar:

  1. WOY LO BEGO BANGET. UDAH TAU KAREENA KAPOOR JADI KUNCI SELURUH FILM MALAH PAKE SPOILER KALO DIA ITU HANTU. LO TUH YANG HANTU! SETAAAN!
    UNTUNG GW UDAH NONTON DULUAN SEBELOM NEMU INI REVIEW GOBLOK!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kwkwk sabar2 ane juga sepemikiran sama ente

      Hapus